Kelas : LA04
Dosen : Sukron Ma'mun, S.Ag., M.A.
Waktu : Jum’at,
6 Nopember 2015
Pukul : 08:00
– 10:00
Lokasi : SMPN
53 Jakarta, Jl. Tanah Merdeka No.33 Kalibaru, Cilincing
Tim yang
Hadir :
Ketua :
Sulaiman Affandi - 1701325694
Anggota :
1. Ismaili
Adyura Putra - 1701328935
2. Raymond
Thoeng - 1701326892
3. Reyhan
Diandri Ghivarianto – 1701359625
4. Rivan - 1701371391
5. Sharon - 1701333576
6. Sutri
Rika – 1701301063
Tim yang
tidak hadir :
1. Eko
Pratomo - 1701314160
![]() |
Dari kiri ke kanan : Ismaili, Sulaiman, Rivan, Reyhan, Sharon, Rika, Bpk. Zohanudin, Bpk. Mudjiono
|
Kegiatan pendataan dan validasi realisasi KJP yang kami lakukan berkaitan dengan teori etika yang diajarkan di kelas melalui mata kuliah CB : Professional Development. Teori yang akan kami bahas adalah Utilitarianisme. Utilitarianisme menyatakan bahwa perbuatan dapat dikategorikan sebagai “baik” bila perbuatan tersebut membawa manfaat. Kartu Jakarta Pintar (KJP) merupakan kartu yang diberikan oleh pemerintah terhadap siswa dan siswi yang kurang mampu agar bisa mendapatkan bantuan pendidikan setiap bulannya, sehingga pemberian KJP ini sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi yang membutuhkannya.
Kali ini
kami melakukan survey sekolah terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan utama.
Disana kami berbicara dengan Bpk. Zohanudin(Staf TU) dan beliau memperkenalkan
isi gedung sekolah kepada kami. Beliau juga memberikan beberapa pertanyaan
mengenai kegiatan ini dan sangkut paut TFI di sosialisasi ini.
Hari Jumat,
6 Nopember 2015 adalah tanggal kami melaksanakan kegiatan pendataan dan validasi realisasi KJP di
SMPN 53 Jakarta. Karena rumah Rika dan Sharon yang sudah berada di Jakarta Utara, mereka berangkat terlebih dahulu. Sedangkan yang lainnya berkumpul dulu jam 7 di kampus anggrek lalu kami berangkat
ke sekolahnya dengan menggunakan mobil. Karena jalanan yang macet dan jarak yang cukup jauh untuk sampai ke Cilincing, akhirnya yang berangkat dari Binus tidak sampai tepat waktu, hanya Sharon dan Rika yang sampai tepat waktu. Ketika sampai di SMP, kami disambut dengan ramah oleh kepala sekolahnya, Bpk. Mudjiono. Kami pun menjelaskan prosedur yang akan kami lakukan untuk memvalidasi data KJP dan beliau pun menyediakan murid-murid beserta tempatnya untuk kami. Berbeda dengan SD, kegiatan di SMP dilaksanakan di ruang auditorium dengan jumlah siswa-siswi yang cukup banyak dan kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah. Kami menggunakan metode face-to-face,
metode Tanya jawab & presentasi yang dipimpin oleh salah satu anggota kami.
Setelah bersosialisasi dengan para siswa kami kembali ke kantor kepala sekolah
untuk mendata nama-nama siswa yang sudah memiliki KJP dan juga mengecek
pengeluaran dana sekolah.
Pengukuran kinerja
1. Survey internal : Semua anggota di kelompok kami telah melakukan tugas sesuai dengan yang telah dibagikan. Sharon dan Sutri Rika bertugas untuk melakukan obervasi sekolah, Reyhan Diandri yang telah menjadi sekertaris dan mencetak semua formulir. Sulaiman Affandi yang telah mengurus dan mengkonfirmasi kegiatan dengan pihak sekolah dan TFI, Raymond Thoeng yang sudah melakukan perjalanan paling jauh ke sekolah tujuan.
-Disiplin waktu: ada yang terlambat karena macet dari Binus ke Cilincing
-Ide-ide yang disampaikan: ide interaksi ke para siswa oleh Sulaiman Affandi
-Penerapan di lapangan: ide telah diterapkan ke siswa
-Sikap dan sopan santun: setiap anggota telah menjaga tutur bahasa dan sopan santun ketika melakukan kegiatan sosialisasi
2. Survey eksternal :
2. Survey eksternal :
Form Evaluasi Kegiatan |
Form Evaluasi Kegiatan |
Penutup
Semua
anggota telah melakukan pengisian dari hasil yang telah diterima. Melakukan
kegiatan sampai dengan 70 siswa penerima KJP. Respon atau saran dari rata-rata
siswa adalah agar KJP lebih difokuskan kepada orang yang tidak mampu. Kami senang kegiatan ini juga berjalan dengan lancar. Etika berperan penting dalam kegiataan ini, pihak sekolah memahami etika profesinya dengan baik sehingga mereka dapat membantu dan memandu kami dengan sangat baik.
Jumlah siswa penerima KJP : 216
Jumlah siswa yang sudah menerima kartu fisik KJP : 216
No comments:
Post a Comment